NasIB, KerjA keRas dan KebaHagiaaN ??????

Suara kukuruyuk Ayam adalah music alam yang menghiasi sebuah awal dari perjalanan panjang sang waktu. Berteman segelas kopi dan sepotong jajanan tradisional seorang bapak akan memulai kerjanya hari ini guna mencari uang penghidupan untuk sesuap nasi dan bekal untuk keluarganya.

        Ada tanggung jawab yang begitu besar meski ia bawa,sebesar harapan dan Doa seorang Ibu dengan 3 anak  yang slalu setia bersamanya. Rasa yang ada serta kewajiban yang ia sadari betul,membuatnya tegar menjalani semua dengan rasa ikhlas. Cucuran keringat, Panasnya terik  matahari yang membakar kulit adalah teman setianya mengarungi dan menelusururi kerasnya hidup. Hidup yang IA lakoni dengan kerja keras Banting tulang, Hidup yang ia perjuangkan dengan berbagai cara agar semua tetap bisa berjalan.

Bahkan dalam Khayalnya jika ia punya lebih dari sepasang tangan dan kaki;mempunyai lebih dari 24 jam waktu, pasti ia akan gunakan semua itu untuk berjuang dan bekerja; apapun itu Namanya asal itu masih dijalan Kebenaran Yang Kuasa. Disaat malam mulai bentangkan kesunyiannya dalam gelap yang pekat, Sang Bapak tergopoh memasuki rumahnya, terkadang ia masih sempat bercerita dan bertegur sapa dengan ketiga anakNya, namun terkadang mereka sudah tertidur lelap dalam buai mimpi. Namun senyum dan sapa sang Istri tercinta selalu setia menyambut dikala  sang Bapak datang, walau terkadang sang istri kelihantan terkantuk-kantuk. Anugrah yang slalu Ia syukuri,Yang sampai hari ini mampu membuatnya tegar,yang membuatnya melupakan lelah dan kerasnya hidup yang membelit setiap saat. Sebelum mimpi membalut dalam hangatnya selimut, Sang bapak   Kadang berpikir dan bertanya, Kerja keras dan iringan doa ia telah kerjakan dengan sekuatNya dan setulus hati, namun entah dewi kemakmuran belum juga singgah dalam hidupNya, bukan Ia tak mensyukuri Semua atau Meragukan KebesaranNYa, tidak sama sekali.

Ada pertanyaan Usil  terselip dalam pikirannya, Sebenarnya Hidup adalah kebahagiaan?? Kerja keras atau Nasib????? Sungguh  Pertanyaan yang sampai saat ini sering iseng singgah dan tak terjawab hingga sang bapak keburu mimpi dalam balutan Rasa capek setelah seharian bekerja.

28 Tanggapan to “NasIB, KerjA keRas dan KebaHagiaaN ??????”

  1. cahayadihati Says:

    Uhmmm…..Hidup adalah pengorbanan dan masalah jadi kita harus berjuang untuk itu, melangkah dengan pasti dan yakin kebahagiaan akan ada. Rasa syukur yang ada merupakan langkah awal yang baik, karena semua akan terasa lebih ringan🙂 salam hangat untuk bli🙂

    (departalahne): Ok siiiip, Trims😀

  2. yessymuchtar Says:

    dear…

    saya percaya hidup adalah kerja keras,
    nasib?

    nasib itu bisa di ubah, tergantung seberapa keras kita berjuang dan berusaha untuk memperbaiki nasib tersebut..

    dan pastinya

    ada bonus kebahagian kalau kamu berhasil🙂

    (departalahne):Jadi tambah semangat nie biar cepar dapat bonus, hehehehe . Trims😀

  3. SIge Says:

    Salam kenal Bro, menarik yah topiknya, Nasib, kerja keras dan kebahagian. Saya nitip koment yah.

    Nasib, apa sie sebenarnya definisi nasib? ko sering sekali muncul ketika sesuatu yang sulit di nalar, sesuatu yang timpang, hemat saya kurangi penggunaan kata “Nasib”, pasti kebahagian itu akan menyertai kita (pengalaman pribadi).

    Kerja keras, kerja yang seperti apa? dan keras yang bagaimana? Kerja adalah wajib hukumnya bagi siapapun. Keras, nah ini dia? keras disini adalah niat. (in my opinion)

    Kebahagian, bagi saya kata bahagia adalah syukur. Bagaimana pun nikmat yang kita dapat di dunia, kalo tanpa ‘syukur’ tidaklah abadi.

    Kalo saya adalah tokoh bapak tersebut maka,

    ‘saya tidak perlu 4 tangan untuk mencapai kebahagian tersebut, karena memang manusia hanya punya 2 tangan. Saya akan bahagia bila saya menyadari semua yang saya lakukan adalah karena saya rajin bersyukur, bukan karena saya hidup, apalagi kerja keras atau nasib”

    just in my opinion.

    (departalahne): berarti kesimpulannya ada niat dan rajin bersyukur????tapi kalau Niat kerja keras sudah,Bersyukur hampir tiap saat,tapi masih saja belum bahagia karena hidup masih morat-marit untuk makan dan hidup,trus gimana apa si Nasib gak muncul lagi nie jadinya????hehehehehe😀

  4. kweklina Says:

    tapi kehidupanya juga sudah bahagia…setidaknya memiliki kemakmuran yang paling berharga cinta istri dan anak-anaknya….

    Semuanya sudah diatur olehNya.

    Renungan yang menarik!

    Thanks!

    (departalahne): Ok trims,😀

  5. IRita Says:

    Kerja keras, ikhtiar sungguh2 itu lah hidup
    Kebahagiaan?, “mensyukuri ” berapa dan apapun yang diperoleh….Nasib dapat mengendalikan hidup seseorang namun bila seseorang “berontak” melawannya dan ingin merubahnya suatu saat ia akan tertaklukan (nasib tidak boleh mengendalikan hidup kita melainkan kita yang mengendalikannya)

    (departalahne):(Gimana berontak lawan sinasib ya?? apa Dengan Kerja Keras dan pasukan rasa syukur ya???? hehehehe.) siiiip Masukan yang sangat Bagus,trims😀

  6. tegtitan Says:

    Bapak itu sungguh memiliki sifat yang mulia yang pantas untuk kita contoh. Cuman sayang Bapak tersebut kurang perhitungan. Seharusnya dia menghitung sampai umur berapa dia kuat bekerja keras seperti itu? Apakah besok saya bisa mendapatkan hasil lebih baik dari hari ini? Kalau bisa bagaimana caranya?
    Saat ini sebenarnya adalah saatnya untuk sedikit bekerja tapi hasilnya banyak. Seperti orang menimba air. Bila menimba air pakai timba untuk memenuhi tempat penampungan yang besar maka akan menghabiskan waktu dan tenaga. Dan itu harus dilakukan setiap hari. Kenapa tidak dibuatkan saja pipa yang disambungkan dengan aliran air yang lebih tinggi dan disalurkan ke tempat penampungan air.
    Memang saat dalam proses pekerjaan kita lebih berat. Menimba air pakai timba seperti biasanya tapi juga sambil memasang pipa-pipa saluran air. Setelah pipa-pipa itu selesai maka kita tinggal melihat dan menikmati hasilnya. Proses penyaluran air akan terjadi dengan sendirinya.
    Begitu juga dengan penghasilan kita. Sambil bekerja seperti biasa (KERJA KERAS) maka saatnya kita berpikir kapan saya bisa terbebas dari kekangan pekerjaan tapi penghasilan tetap masuk. Bagaimana caranya? Tergantung kreatifitas kita masing-masing untuk mendalami cerita ini.

    (deapartalahne): Ide bagusss tuuuu (kayak MLM)😀

  7. inge Says:

    hidup menjalani nasib

    nasib yang bisa diubah dng kerja keras

    kerja keras dng penuh rasa syukur dan kepasrahan, krn didalamnya ALLAH akan berikan kebahagiaan..

    kebahagiaan yang tak ternilai dng harta atau tahta.. salah satunya kebahagiaan karena diberikan kesempatan..
    kesempatan untuk hidup🙂

    (departalahne):Intinya hidup mesti kita syukuri agar bahagia walaupun meski kerja keras,benar gak?????😀

  8. casual cutie Says:

    kerja keras, pantang menyerah, semua itu akan memberikan hasil yg setimpal

    (departalahne):OK siiiiip (tapi jangan lupa bersyukur dan berdoa agar ada bahagia menyertai)😀

  9. info resep Says:

    nasib manusia siapa yg tau, seperti roda berputar. ada kalanya di atas, ada kalanya di bawah

    (departalahne):Yang Penting Usaha dan kerja keras serta Doa, Benar gak ya?????😀

  10. sarahtidaksendiri Says:

    saya yakin, bahwa hidup mmg g gampang, dan butuh banyak usaha serta kekuatan yng bsr…
    Hidup itu juga pilihan, sebesar apapun yang Qta hadapai, Qta harus ttp bisa memilih yg Qta rasa terbaik…semangat…😀

    (departalahne):Benar,Hidup memang tak gampang dan kita mesti terus berjuang,karena hidup adalah sebuah pilihan yang penuh konsekuensi. Konsekuensi yang harus dipilih agar hidup terus berjalan.😀

  11. humorbendol Says:

    Kerja keras emang wajib..masalah rejeki, kita kembalikan aja pada Tuhan. Yang penting berusaha.
    Kebahagiaan? Kalo gak salah sih, hanya orang yang bisa bersyukurlah yang bisa merasakan kebahagiaan.
    Ups,,,maaf kalo salah kata ya…🙂

    (departalahne):Pada Intinya kerja keras itu harus,Bersyukur dengan rejeki yang ada membuat bahagia itu ada.Bukankah begitu mass???? Siiiiip😀

  12. Lee Deuyiz Says:

    hmmm,,,, nasib juga yang membawaku ke JKT pa,,,😆

    yaaa, kita percayalah, smuanya tuh Tuhan yang atur, tergantung kita menyikapinya dan mensyukurinya🙂

    (departalahne):Ya benar; yang penting Kita selalu berusaha dan selalu bersyukur.😀

  13. Bimbim Says:

    klo aku sih setuju sama kebahagiaan dalam bekerja dan membuat diri kita enjoy…,kerja tanpa kebahagian membuat output juga akan jelek..
    Kerja keras… boleh boleh aja asalkan juga bisa memperhatikan kesehatan…kerja terus…tapi sakit2an malah membuat kita tidak mendapatkan apa2
    Nikmati hidup pren…,intinya musti bersyukur aja pa yang telah kita dapatkan saat ini

    (departalahne):Kerja keras harus,namun jangan lupakan kesehatan dan slalu bersyukur akan semua yang telah didapatkan,maka kebahagiaan itu pasti ada.(Begitulah semestinya). Siiiiip setuju😀

  14. Farrel Says:

    Hidup adalah perjuangan…

    (departalahne):Setujuuuuu , trims😀

  15. nanzzzcy Says:

    apapun hidup itu..
    entah dia kebahagiaan.. kerja keras atau nasib..
    bagian terpenting adalah MENIKMATINYA dan BERSYUKUR..

    life is beautiful kok..🙂

    (departalahne): siiiip,benar kita pasti Bisa.😀

  16. yande Says:

    nasib itu apa sama yah dengan takdir, atau dg garis hidup, kodrat, jalan hidup (ada lagi?)? klo iya kenapa Tuhan pilih kasih ya? Ada yang ditakdirkan kaya ada yang miskin, ada yang diberikan bahagia ada yang merana?

    atau hanya kita yang menganggap bila kita miskin atau kaya? atau hanya kita yang merasa bila kita sedang sedih atau bahagia?

    mungkin si bapak miskin materi namun kaya akan cinta dari istri dan anak, mungkin merana raganya tapi bahagia jiwanya. Atau mungkin bagiNya inilah kebahagiaan yang terbaik bagi si bapak,

    kita hanya melihatnya dari baju lusuh dan gubuk yang reot karena hanya itu yang terlihat oleh mata, dan itulah yang kita katakan sebagai kemiskinan dan penderitaan

    semua manusia terlahir telanjang apakah itu artinya si bapak masih lebih kaya karena telah berbaju daripada si bayi?

    (departalahne):Mungkin begitulah hidup,penuh dengan misteri dan perjuangan, Yang terpenting seperti kata teman2 adalah berusaha dan bersyukur. suksma😀

  17. yande Says:

    Satu lagi, kejamnya departa menulis tanpa paragraf atau alinea, jadi ngos-ngosan bacanya. Ini disuru membaca apa ngerap?

    (departalahne)heeeehehe Trims bli sarannya,Nie masih Cari theme biar tulisan jadi besar.😀

  18. duniafannie Says:

    hidup itu adalah kerja keras.. yang harus diperjuangkan.. untuk merubah nasib, dan meraih kebahagiaan.

    yeay.. \(^o^)/
    merdeka! 🙂

    (departalahne): Yeay Merdeka dan semangat😀

  19. heri Says:

    kalo saya menikmati hidup saya apapun yang terjadi🙂

    (departalahne): pasrah amettt her?????😀

  20. casual cutie Says:

    waahh…bersukur sm Tuhan krn udah hidup berkecukupan smp saat ini………

    (departalahne): siiiip😀

  21. info resep Says:

    pada saat miskin, kt pasti berdoa kpd Tuhan “oh Tuhan…berikanlah hambamu ini rejeki”
    tp pd saat kt kaya, kt jauh dr Tuhan..kt jd org yg sombong dan terkadang suka merendahkan kaum kurang mampu
    kenapa ya???

    (departalahne):Saya juga gak tau kenapa,Namun memang banyak yang seperti itu, dan semoga kalau kita kaya gak begitu ya (kaya Apa Coba????) heheheh😀

  22. easy Says:

    Sebenarnya Hidup adalah kebahagiaan?? Kerja keras atau Nasib?????

    bekerja untuk hidup.
    mengisinya dengan penuh bahagia..
    tapi sekeras2nya usahamu bekerja, kalau nasibnya sudah ditakdirkan jadi orang susah… ya jadi percuma deh😀

    (departalahne):UUN dong, ujung-ujungnya Nasib???hehehe. ya hidup memang sulit untuk kita bisa pahami sepenuhnya😀

  23. Rian Xavier Says:

    Begitulah susahnya jadi bapak. Selalu ada pengorbanan begitu.

    (departalahne): Dan Kita pasti Bisa,Semangat😀

  24. handoko Says:

    hidup ini indah tergantung dari mana kita memandangnya yang terpenting kita harus selalu bersyukur atas apa pun anugerah yang kita terima.

    Kukuruyuk….. hehehe jadi ingat postinganku kemarin… hehehe…. Salam…

    (departalahne):Benar,kita memang Harus mensyukuri semua anugerahnYa, Kuruyuknya sama hehehe😀

  25. adi isa Says:

    semua itu terangkum dalam “sunnatullah”

    (departalahne): OK,trims😀

  26. noersam_cahpo Says:

    hidup adalah perjuangan..n pastinya kalo kita hidup jangan cuma diam…

    (departalahne):Betul sebab Diam bukan lagi berarti Emas,hehehehe😀

  27. sarahtidaksendiri Says:

    Waow..hdp mmg berat dan nggak mudah buat dijalani, tp tekad dan kemauan keras serta usaha yang pantang mnyrah membuat segalanya pasti jd lebih baik..banyak yg bisa Qta pljr dr kisah ini🙂

    (departalahne): OK siiip,saya juga setuju😀

  28. ayuratna Says:

    Menurut kawaii ayu hidup itu adalah perjuangan…
    Berjuang untuk bahagia
    Berjuang untuk merubah nasib untuk menjadi yang lebih baik
    Jadi berjuanglah untuk hidup….dan hiduplah untuk yang maha hidup…Semangat!!!!!!!

    (departalahne):Ok dehhhh, siiiiiiippppp😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: